Cara memprogram Fingerprint adafruit


  •  

pada artikel ini kita akan membahas mengenai sensor fingerprint. Ada 2 jenis sensor yang akan kita ulas pada artikel ini, yaitu fingerprint dengan tipe ZA620_M5 dan fingerprint DY50-2V1. Kedua jenis fingerprint ini merupakan basic fingerprint dari adafruit sehingga akan memudahkan kita untuk menggunakan dan memprogramnya karena kita bisa menggunakan library dari adafruit dalam program yang akan kita buat.


Lalu apa pebedaan dari kedua sensor ini? perbedaan yang paling signifikan adalah kapasitas storagenya. Untuk lebih jelasnya simak gambar di bawah ini ya


PINOUT



Testing menggunakan software SFGDemo V2.0

Untuk mengetes kedua jenis sensor ini, kita akan menggunakan software demo yang tersedia di link ini ya. cara ini adalah cara yang paling mudah dan simple untuk melakukan pengetesan sensor, selain juga softwarenya telah disediakan dan siap digunakan.
untuk wiringnya baik jenis ZA620_M5 maupun DY50-2V1 kita hanya akan menggunakan 4 pinya saja yaitu VCC, GND, TX, dan RX saja. Oh iya untuk pengetesan ini kita membutuhkan arduino yang berfungsi sebagai penghubung serial komunikasinya ya. Yuk langsung aja kita coba pengetesannya

1. upload sketch kosong pada arduino, disini kami menggunakan arduino nano


 2. hubungkan pin fingerprint dengan arduino

              Arduino                Fingerprint

                   5V                         VCC

                 GND                       GND

                   TX                          TX

                   RX                          RX

Note : pada kedua modul yang kami coba pin Tx pada sensor disambungkan pada pin Tx pada arduino, begitu juga dengan pin Rx nya. Kemungkinkan jika kalian menggunakan sensor yang berbeda pin Tx pada sensor harus disambungkan dengan pin Tx pada arduino dan sebaliknya ya..

3. Buka software SFGDemonya


 4. Klik Open Device -- Pilih Port yang tersambung dengan arduinonya.

    Jika berhasil maka akan tampil seperti gambar berikut

Informasi yang terkait dengan fingerprint sensor kalian akan ditampilkan pada bagian Hardware infromation, nah disini kalian bisa mengecek dan memastikan berapa kapasitas sebenarnya dari sensor fingerprint kalian karena banyak sekali kerancuan data terkait kapasitas ini akibat dari banyaknya model dan tipe dari fingerprint sensor yang ada di pasaran.

Tips : Jika kalian gagal saat "Open Device" dan muncul notifikasi "Open Device fail, please check the password and the device address!" pastikan arduino yang terhubung dengan komputer kalian berada di port 3 atau 9.

5. Sensor fingerprint sudah siap digunakan/dites ya.., silakan explore sensor kalian dan software tersebut :)

 

Memprogram Sensor Fingerprint menggunakan Arduino

Seperti yang dijelaskan di awal artikel ya, karena kedua jenis sensor ini kompatibel dengan adafruit library, maka untuk memudahkan kita menggunakan library adafruit dalam memprogram.

1. install library adafruit. Klik Sketch -- Include Library -- Manage library. Pada library manager, ketikkan "Fingerprint" dan install adafruit librarynya.


2. Jika sudah terinstall, kita aka coba menggunakan program example yang sudah disediakan. Klik File -- Examples -- Adafruit Fingerprint Sensor Library -- enroll. Kita akan mencoba mendaftarkan fingerprint baru.

 

3. Ubah wiring sensor fingerprint ke arduinonya

             Arduino             FingerPrint

                 5V                      VCC

                  2                          Tx

                  3                          Rx

              GND                     GND

4. Upload program tersebut ke arduino.

5. Buka Serial Monitornya

6. Done...


Sensor FingerPrint dan Oled

Jika kalian membutuhkan atau sedang membuat sistem sensor fingerprint dengan display, kalian bisa menggunakan referensi program di bawah ini. Program di bawah ini menggunakan arduino nano, sensor fingerprint, dan OLED 1.3 inch ya. Untuk jenis display lainnya kalian bisa modif sendiri programnya.

Wiring


 

Program



Video



Catatan

  • Untuk modul DY50-2V1 bisa menggunakan tegangan supply 5V dari arduino.
  • Jika modul sensor DY50-2V1 kurang sensitif dalam pembacaan, sambungkan pin T_3v3 ke tegangan 3.3 Volt
  • Pengujian fingerprint sensor menggunakan SFG software relatif lebih lambat dalam waktu pemrosesan dibandingkan dengan pengujian menggunakan program arduino


Comments