Cara memprogram dan menggunakan encoder AS5600 dengan mudah

 

Kali ini kita akan membahas salah satu dari sekian banyak jenis encoder yang lumayan memiliki fitur yang banyak dan harganya murah yaitu AS5600. Untuk memprogram modul ini sangat mudah, karena sudah tersedia library yang mendukung fitur-fitur dari sensor tersebut, namun ternyata masih ada yang bingung bagaimana cara menggunakanya.


 untuk link download library bisa cek disini ya.

Pada library tersebut sudah dijelaskan mengenai seluk beluk modul encoder ini, jadi disini kita akan rangkum saja sebagian dari penjelasan modul encoder AS5600 ini ya.

Pada prinsipnya modul encoder ini menggunakan prinsip magnetic untuk membaca sudut putaran. Sensor ini sendiri dapat membaca 4096 step pada putaran penuh dengan kepresisian 0.1 derajat. Namun perlu diingat juga, karena modul ini menggunakan prinsip pembacaan medan magnet, pastikan untuk meminimalisir noise/gangguan dari medan magnet yang ada disekitarnya untuk mendapatkan hasil pembacaan yang akurat.

Komunikasi

modul encoder ini mendukung komunikasi via I2C dengan alamat default 0x36 (untuk tipe AS5600) dan 0x40 (untuk tipe AS5600L). Alamat address untuk tipe AS5600 tidak bisa diubah sedangkan tipe AS5600L dapat diubah dengan perintah setAddress().

PINOUT

SDA, SCL

pin SDA dan SCL digunakan untuk komunikasi I2C. Dari datasheetnya, modul ini mendukung fast-mode 400 KHz dan Fast-Mode-Plus  1000 KHz. Untuk mendapat hasil pembacaan yang stabil gunakan resistor pull up eksternal. 

DIR

AS5600 memungkinkan untuk mengontrol arah putaran dari magnet. Jika pin DIR disambungkan ke pin GND (DIR = 0) maka nilai akan positif dan naik saat putaran searah jarum jam dan sebaliknya jika pin DIR disambungkan ke PIN VDD

OUT

Selain dapat berkomunikasi via I2C, sensor AS5600 ini juga dapat mengeluarkan sinyal analog /PWM (AS5600) dan PWM saja (AS5600L).

Tutorial

Untuk cara memprogramnya sangat sederhana, kita hanya tinggal download librarynya saja (ada di link di atas) dan menggunakan program contoh yang sudah disediakan oleh library tersebut.

Wiring


Video



Comments