Cara Install Software CNC Mach3

 

Software CNC yang akan kita bahas kali ini adalah softwareMACH3 bawaan ketika kita membeli kontroller CNC Seperti gambar di bawah ini ya. Paket pembelian biasanya sudah termasuk board kontroler, usb, dan software MACH3 nya. Yuk langsung saja ke caranya

1. Buka folder MACH3 SOFTWARE

2. Klik File Mach3VersionR3.041.exe untuk memulai instalasi, akan muncul dialog box seperti gambar    di bawah ini


3. Klik Next, setujui syarat dan ketentuan yang ditampilkan oleh oleh software hingga proses instalasi selesai.


4. Jika proses instalasi sudah selesai, jangan buka software MACH3 nya terlebih dahulu. Copy kan file Mach1Lic.dat yang terdapat di folder licenced file ke folder dimana tadi kita instal MACH3 nya (Misal C:\Mach3).

5. Kemudian jangan lupa juga untuk mengcopy file yang ada di folder plugin file ke lokasi instalasi MACH3 (Misal C:\Mach3\PlugIns)


 

6. Kemudian Restart Komputer
Cek di toolbar help >> about. Jika licenced sudah bukan demo version maka instalasi sudah berhasil


Nah Software CNC Mach3 sudah berhasil di install di komputer, sekarang saatnya melakukan seting dan sinkronisasi antara software dengan board kontrolernya.

1. Sambungan board kontroler ke komputer menggunakan kabel USB yang telah tersedia. Maka di komputer akan ada notifikasi seperti gambar di bawah ini. Saat pertama kali menyambungkan ke komputer led/lampu indikator pada board tidak akan menyala.

Setelah driver sukses terinstal, maka led indikator pada board akan menyala seperti gambar di bawah ini

2. Buka Software Mach3, maka akan muncul pilihan kotak dialog seperti ini

Jika kota dialog tidak muncul, berarti saat proses install kalian belum meng-copy-kan folder plugin dari cd ke folder instalasi Mach3 nya.

3. Kemudian pilih RnRMotionControllerECO-V2.0, klik OK

   

Perhatikan pada kotak status. Jika terdapat tulisan " No UsbMachBoard, Please plug it in!", maka klik tombol RESET yang berada di atasnya (2 kali klik, hingga muncul keterangan di status boxnya). Perhatikan led indikator pada board kontroler, jika led berkedip maka tandanya software sudah tersambung dengan board kontrolernya.

Done...

Kalian sudah bisa menggunakan CNC Mach3 dengan kontrollernya.

Untuk seting parameter turning motor dll, kalian bisa baca sendiri di tutorial yang tersedia di CD bawaannya, karena masing-masing sistem dan jenis driver-motor yang digunakan akan sangat berbeda-beda antara 1 sistem dengan sistem yang lainnya. 

Wiring/Koneksi





Comments