Seting IR Remote, Memprogram IR Remote dengan Arduino


IR remote atau Infrared remote ini merupakan satu dari sekian banyak jenis remote yang ada di pasaran. Untuk tutorial kali ini, yang akan kita gunakan adalah IR remote seperti gambar di bawah ini ya


Langsung saja ke alat dan bahan yang dibutuhkan
  • Arduino Nano + Kabel
  • IR Remote
  • Breadboard
  • Kabel Jumper

Wiring
Buat sambungan seperti di bawah ini

Program
Buat program seperti di bawah ini, jangan lupa untuk mendownload library IR remote nya ya..
untuk library IR Remote bisa di download disini.


Klik Compile dan Upload Program, jika program telah selesai di upload, maka buka serial monitor untuk mengetesnya. Jika berhasil maka akan muncul nilai2 seperti di bawah ini


Penjelasan

Hasil dari program diatas adalah setiap masing-masing tombol akan memiliki nilai hex yang akan di tampilkan pada serial monitor. Masing-masing tombol akan memiliki nilai yang berbeda. Jika kalian ingin nilai yang ditampilkan desimal, maka tinggal modifikasi commandnya saja.

Lalu, bagaimana jika ingin menampilkan label seperti pada remotenya?
nah, kita harus tau masing-masing nilai dari setiap tombolnya (bisa dicoba satu per satu kemudian catat nilainya). Untuk remote saya, berikut nilai HEX dari masing-masing tombolnya (bisa jadi berbeda untuk device kalian ya)

Jika sudah mendapatkan kode nilai untuk masing-masing tombol, buat program seperti di bawah ini (ganti nilai hex dengan nilai hex yang kalian dapat)
Dengan program di atas maka hasilnya akan seperti ini

Selamat Mencoba

Comments